Siswa/siswi XI TKJ Praktik Konfigurasi Routing, DNS dan Web Server - Website Official Resmi SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah

Rabu, 28 September 2022

Siswa/siswi XI TKJ Praktik Konfigurasi Routing, DNS dan Web Server

SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah Siswa/siswi kelas XI TKJ SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah melakukan kegiatan praktik Konfigurasi Router, DNS dan Web Server. 


Sedikit informasi apa itu Konfigurasi Routing, Konfigurasi DNS dan Konfigurasi Web server. Konfigurasi Routing adalah suatu konfigurasi dengan mengisi IP ke Router dan PC Laptop. DNS (domain Name System) adalah sebuah sistem yang bertugas menyimpan semua informasi data domain dalam jaringan. Web server adalah sebuah komputer yang menyimpan, memproses, dan mengirimkan file ke web browser. Sebuah website sebenarnya hanyalah sekumpulan file yang disimpan di sebuah komputer dan terhubung ke internet. Komputer itulah yang kita sebut dengan server.

Seperti hari jum'at pada biasanya, siswa/siswi kelas XI TKJ selalu melakukan kegiatan praktik namun di praktik kali ini kelas XI TKJ melakukan Konfigurasi Routing, DNS, dan Web Server. Pelajaran dimulai dari 07.30 wib sampai dengan 11.30 WIB. 


Pelajaran praktik ini dilakukan secara berkelompok, setiap satu unit komputer terdiri dari tiga orang dan di laksanakan di laboratorium TKJ. Dalam melakukan praktik ini para siswa/siswi di bimbing oleh Bapak Ahmad Perkasa. Kegiatan Konfigurasi Router ini bukan kali pertama yang mereka lakukan, jadi tak banyak kesulitan yang mereka hadapi saat mengkonfigurasi router.

Lalu kegiatan praktik di lanjutkan dengan Konfigurasi DNS, dalam kegiatan ini juga dilakukan secara 2 sesi yaitu sesi pertama untuk para siswi dan sesi ke dua para siswa, tiap satu komputer dijalankan oleh tiga orang. Pada saat melakukan Konfigurasi DNS banyak yang mengalami kesulitan di karenakan banyak dari mereka yang mengalami kesalahan saat mengetik dan salah membuat perintah pada saat mengkonfigurasi, tetapi para siswa dan siswi tetep semangat belajar dan setelah beberapa kali mengalami masalah akhirnya Konfigurasi DNS berhasil dilakukan.

Selanjutnya melakukan Konfigurasi Web Server, dalam melakukan Konfigurasi Web Server ini adalah kali pertama kami melakukan nya, jadi terdapat banyak kendala dan kesulitan dalam melakukan Konfigurasi Web Server.


Kegiatan praktik yang dilakukan siswa/siswi TKJ kelas XI tak hanya dilakukan di hari jum'at saja tetapi juga dilakukan pada hari Sabtu. Dengan melakukan kegiatan belajar mengajar praktik secara langsung sangatlah penting apalagi kita belajar di SMK tentunya pelajaran yang di dapat secara materi tidak cukup dan perlunya melakukan praktik langsung. Dalam belajar juga tak cukup dilakukan sekali atau dua kali seperti pesan salah guru TKJ Bapak Ahmad Perkasa " Belajarlah sampai bosan bukan sampai bisa " artinya kita harus terus belajar sampai benar-benar pintar/ahli sehingga kita sampai bosan dalam mempelajari hal tersebut karena sudah terlalu pintar/ahli.



Writer : Adi Setiawan


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Andax