Uji Coba Soal Ujian PAS (Penialian Akhir Semester) Online Berbasis Web Kelas XII Oleh Para Guru SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah - Website Official Resmi SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah

Jumat, 18 Maret 2022

Uji Coba Soal Ujian PAS (Penialian Akhir Semester) Online Berbasis Web Kelas XII Oleh Para Guru SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah

SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah. Kegiatan  uji coba soal ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) yang dilaksanakan oleh para guru SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah pada pukul 10:20 – 11:20 pagi. Tujuan simulasi ini dilakukan untuk menguji penguasaan materi para guru serta mengetes program baru SMK Al Washliyah 12 Sei Rampah yakni program ujian menggunakan sistem digital berbasis web yang dilaksanakan secara online.(Kamis, 16 maret 2022)




Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik pada semua kompetensi dasar yang telah dijalani selama enam bulan (satu semester). Penilaian Akhir Semester (PAS) ini terjadwal akan dilaksanakan pada tanggal 21 maret – 30 maret 2022 yang akan diikuti oleh 53 siswa/siswi kelas XII jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan), TBSM (Teknik Bisnis Sepeda Motor), TKRO (Teknik Kendaraan Ringan Otomotif) dan AKL (Akuntansi dan Keuangan Lembaga). Kegiatan ujian PAS SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah (SMK AW 12) Tahun Pelajaran 2021/2022 sedikit berbeda karena pelaksanaannya dilakukan secara digital berbasis web. Sistem ujian secara digital ini sebenarnya sama seperti ujian biasanya, yang membedakan ialah siswa tidak perlu menggunakan alat tulis untuk mengisi ujian namun menggunakan komputer atau smartphone yang dapat diakses dengan internet. Sehingga hal ini dapat menghemat biaya pengeluaran guru maupun siswa yang mana sekolah tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli kertas dan menghabiskan tinta untuk mencetak lembar soal ujian.




Kepala sekolah SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah Rizky Surya Prasetya, S.Pd mengatakan bahwa “uji coba soal ujian dan  penerapan sistem digital memiliki beberapa keunggulan di semua aspek dunia sekolah, terutama sistem ujian berbasis online. Pertama, meningkatnya kualitas ujian yang transparan dan akuntabel, Kedua, hemat dalam anggaran yang dapat dialihkan ke pos-pos lainnya. Ketiga, seluruh data hasil ujian terintegrasi secara digital dan dapat di arsip kan secara permanen”.

Sejalan dengan pendapat Kepala Sekolah, Wakil kepala sekolah Bidang Kurikulum SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah Yatmi Saswito, S.Pd juga memberikan pendapatnya “kegiatan uji coba soal ujian berbasis digital ini merupakan kegiatan yang sangat positif yang mana kegiatan ini dapat mengukur penguasaan dan pemahaman dari materi yang telah diberikan oleh guru agar tidak mengkambinghitamkan siswa, juga dapat menghindari kecurangan dan kesalahpahaman dalam pemberian nilai, serta sebagai bahan introspeksi kepada guru dalam pemberian soal yang harus sesuai dengan yang diajarkan” ucap wakil kepala sekolah bidang kurikulum.

Salah satu guru mata pelajaran, Fenika Dwi Putri, S.Pd memberikan pandangannya tentang kegiatan uji coba soal ujian ini "Kegiatan uji coba soal ujian ini merupakan suatu kemajuan yang dilakukan oleh SMK Al Washliyah 12 Sei Rampah dimana ujian berbasis digital ini biasanya dilakukan pada saat ujian akhir sekolah saja, namum SMK Al Washliyah 12 Sei Rampah membuat gebrakan baru dengan menggunakan sistem digital di ujian PAS”  Ujar Buk Fenika.




Kegiatan uji coba soal ujian tersebut diawasi langsung oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan nilai hasil dari penilaian uji coba soal ujian kelas XII tersebut langsung dapat di laporkan secara tertulis, dan dapat disimpulkan bahwa 95% guru SMK Al Washliyah 12 Sei Rampah baik guru mata pelajaran umum maupun produktif telah memahami dan menguasai materi yang telah mereka ajarkan.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Andax