Setelah Ujian Pra UKK, Siswa Kelas XII TBSM Servis Ringan Sepeda Motor Pribadi Milik WaKaSek SMK Al Washliyah 12 Sei Rampah - Website Official Resmi SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah

Jumat, 25 Maret 2022

Setelah Ujian Pra UKK, Siswa Kelas XII TBSM Servis Ringan Sepeda Motor Pribadi Milik WaKaSek SMK Al Washliyah 12 Sei Rampah

SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah Setelah melaksanakan Ujian Pra UKK / Persiapan Uji Kompetensi Keahlian yang dilaksanakan pada (04 Maret - 19 Maret 2022) oleh siswa/i kelas XII SMK Al Washliyah 12 Sei Rampah. Siswa kelas XII TBSM Tri Nurdiansyah, M. Rizky dan Diki Apriadi melakukan praktik kerja langsung dengan memperbaiki sepeda motor pribadi milik Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Yatmi Saswito, S.Pd.


Pra UKK (Uji Kompetensi Keahlian) merupakan proses yang harus dilalui oleh siswa-siswi tingkat SMK terutama kelas XII. Proses ini merupakan bagian dari persiapan ketika siswa akan menghadapi UKK (Ujian Kompetensi Kejuaruan) yang sesungguhnya. Hampir setiap tahun seluruh SMK pasti menyelenggarakan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) yakni sebuah rangkaian kegiatan mulai dari persiapan yang panjang sampai dengan pelaksanaan ujiannya nanti. UKK merupakan bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Bisa diibaratkan UKK adalah waktu bagi para siswa menampilkan  memberikan kemampuan terbaik mereka setelah tiga tahun belajar, di mana saat mereka mengaplikasikan seluruh keahlian  keterampilan di bidang masing-masing dalam bentuk  wujud ujian nasional praktik. 


UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder hasil UKK dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja yang mana siswa/i tersebut dapat langsung terjun ke dunia kerja (DUDIKA). Materi UKK disusun berdasarkan skema sertifikasi sesuai dengan jenjang kualifikasi peserta uji/asesi yang memuat kemampuan melaksanakan pekerjaan spesifik, Soal UKK dapat berbentuk penugasan atau bentuk lain yang dinilai secara individual untuk membuat suatu produk sesuai tuntutan standar kompetensi. 

Perbaikan yang dilakukan  untuk memperbaiki sepeda motor Pak Yatmi merupakan servis ringan seperti: Pengecekan mesin injeksi, Pembersihan saringan udara,  penggantian oli, pembersihan throttle body, pengecekan listri, penyetelan rem depan belakang, membersihkan busi, dan pengecekan battery atau aki. Servis yang dilaksanakan oleh siswa XII TBSM tersebut berjalan dengan lancar sehingga sepeda motor pribadi milik Pak yatmi dapat kembali ke kondisi yang baik.


Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Bapak Yatmi Saswito, S.Pd berharap agar guru-guru SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah lainnya dapat mempercayakan sepeda motor pribadi mereka kepada anak-anak didik jika ingin melakukan perbaikan, karena hasil yang diperoleh tak kalah dengan servis yang dilakukan oleh bengkel-bengkel umum  sepeda motor.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Andax