Penilaian Keterampilan (K4) Ujian Praktik Seni Budaya Siswa Kelas X Semester Genap SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah T.A 2021/2022 - Website Official Resmi SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah

Selasa, 29 Maret 2022

Penilaian Keterampilan (K4) Ujian Praktik Seni Budaya Siswa Kelas X Semester Genap SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah T.A 2021/2022

SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah Pelaksanaan ujian praktik yang dilaksanakan SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah T.A 2021/2022 mulai dari (28 Maret - 30 Maret 2022) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pendidikan Jasmani, PPKN, Matematika, Seni Budaya, Agama & Budi, SISKOMDIG, Kewirausahaan  dan PRODUKTIF berjalan lancar.


Ujian Praktik Sekolah merupakan bagian dari seluruh rangkaian Ujian Sekolah yang akan digunakan untuk menilai kompetensi peserta didik mengenai suatu mata pelajaran yang diujikan secara praktik langsung. Proses ini dipandang perlu di ukur dikarenakan sekolah menginginkan lulusan yang selain matang dalam hal pengetahaun juga matang dalam hal ketrampilan proses dan sikap. Ujian praktik ini juga merupakan rangkaian dari ujian akhir untuk siswa kelas X, XI, dan XII. Ujian Praktik Sekolah yang dilaksanakan SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah disikapi secara serius oleh para siswa, persiapan matang dilakukan untuk menghadapi ujian praktik yang dilaksakan sekolah karna nilai dari ujian praktik ini merupakan salah satu penentu kelulusan siswa. Bukan hanya siswa, para Guru juga mempersiapkan ujian praktik ini dengan matang untuk memberi ujian sesuai dengan materi/teori apa yang sudah diajarkan.

Hari pertama ujian praktik SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah (Senin, 28 Maret 2022) diawali dengan mata pelajaran Seni Budaya yang hanya diperuntukkan bagi kelas X Teknik Komputer Jaringan (TKJ), X Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), dan X Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO). Ujian praktik Seni Budaya yang dilaksanakan dipimpin oleh Ibu Nurmaya Arfazhni Lubis, S.Pd selaku guru mata pelajaran Seni Budaya. Ujian praktik Seni Budaya yang di ujikan berupa ujian Seni Musik “Solo Song” yang mana setiap siswa wajib menyanyikan satu lagu Nasional. Ujian praktik Seni Budaya yang dilaksanakan berjalan lancar, kondusif dan tergolong berhasil, para siswa dari masing masing kelas mampu dan bisa melalui ujian praktek yang diberikan oleh Ibu Nurmaya Arfazhni Lubis, S.Pd.

Guru mata pelajaran Seni Budaya Ibu Nurmaya Arfazhni Lubis, S.Pd, mengatakan adanya kendala bagi siswa untuk mempersiapkan proses ujian praktek ini ditengah padatnya jadwal siswa di sekolah, mengingat siswa harus mempersiapkan serangkaian ujian lainnya.
“Suka duka pelajar dalam menghadapi ujian praktik ini pun beragam. Banyak yang mempersiapkan segala sesuatu untuk ujian ini di sela-sela pembelajaran seperti masa istirahat setelah pulang sekolah ataupun berlatih di rumah. Ada yang akhirnya sadar jika tahapan akhir menjadi pelajar sekolah akan segera dilalui ada pula yang sampai menguras otak agar bisa lulus di ujian praktik ini. Hingga pada akhirnya, kerja keras mereka akan diujikan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.”



Siswa kelas X TKJ Nicky Owen beserta taman-teman lainnya terlihat mampu melakukan Ujian Praktik. Terlihat kegiatan praktik Seni Budaya “Solo Song” ini bukan hanya sebagai bahan ujian praktik Seni Budaya saja, namun sebagai ajang keterampilan bagi siswa yang memiliki bakat terpendam agar dapat tersalurkan juga dapat memberikan sajian kesenian yang baik  menghibur bagi teman ataupun orang yang menonton, Kegiatan ujian praktik yang dilaksanakan dapat membantu untuk mendukung serta menyalurkan potensi yang dimiliki oleh siswa.

Harapan dari pihak Sekolah SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah melaui ujian praktik ini yaitu agar siswa/i yang mengikuti ujian praktik akan mampu memiliki keterampilan, ketahanan fisik, dan juga daya kreatifitas serta pengetahuan yang baik untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi maupun dalam persiapan memasuki dunia kerja.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Andax