Demonstrasi Hasil Magang Satu Bulan Siswa Kelas X TBSM (Teknik Bisnis Sepeda Motor) SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah - Website Official Resmi SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah

Selasa, 15 Maret 2022

Demonstrasi Hasil Magang Satu Bulan Siswa Kelas X TBSM (Teknik Bisnis Sepeda Motor) SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah

SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah. Sekolah menengah kejuruan (SMK) telah memiliki banyak peminat dari siswa/siswi tamatan SMP Sederajat, dengan program keahlian yang begitu banyak ditawarkan kepada calon siswanya. SMK menjadi piihan sekolah lanjutan yang dapat memberikan jawaban kepada orang tua yang ingin anaknya mampu langsung bekerja setelah tamat sekolah. SMK adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP/MTs atau bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama/setara SMP/MTs. ( UU Nomor 20 Tahun 2013, Pasal 18 ayat [3]). Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. (UU Nomor 20 Tahun 2013, Penjelasan Pasal 15).

Dengan masuk SMK, anak didik tidak hanya bisa mendapatkan materi praktik dan teori saja tetapi juga menerima pembekalan kewirausahaan. Harapannya setelah lulus nanti, anak SMK juga bisa menciptakan lapangan kerja untuk dirinya sendiri dengan membuka usaha sesuai bidang keahliannya. Maka dari itu Sekolah SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah (SMK AW 12) melengkapi program Pendidikan anak didiknya dengan Program Magang Selama 1 (satu) Bulan, saat mereka duduk di kelas X di semester genap sebagai bekal agar mampu serta menguasai materi kejuruan mereka. Hal itu mereka lakukan sebelum nantinya akan naik tingkat di kelas XI untuk menjalani Kegiatan PKL selama 3 (Tiga) bulan penuh lamanya.

Sekarang ini SMK AW 12 memiliki 4 (Empat) Program Keahlian yaitu, TKJ (Teknik Komputer Jaringan), TBSM (Teknik Bisnis Sepeda Motor), TKRO (Teknik Kendaraan Ringan Otomotif) dan AKL (Akuntansi dan Keuangan Lembaga) . Dari keempat program keahlian tersebut Program keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) menjadi salah satu program keahlian yang memiliki peminat yang cukup baik. TBSM adalah salah satu cabang ilmu teknik mesin yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membuat dan mengembangkan alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama sepeda motor.

Pencapain terbaik Siswa didik Program TBSM di sekolah SMK AW 12  adalah setelah siswa kelas X TBSM Magang satu bulan, akan ada demonstrasi hasil dari kegiatan tersebut. Dengan kata lain, ini merupakan bentuk pertanggung jawaban yang konkret di saksikan langsung oleh orang tua siswa. Program ini juga merupakan sebuah kesuksesan dari Lembaga Kursus Dan Pelatihan Technoskill (LKP Technoskill) yang menjadi mitra sekolah untuk program magang tersebut. Dengan metode Man, Metode, Machine selama intensip satu bulan anak kelas X TBSM dibina dengan baik di sana. “Siapa pun dia Ketika dibina pasti akan jadi… Insyaallah orang yang kami bina pasti akan jadi… Alhamdulillah orang yang kami training itu akan ada hasilnya, nanti kita lihat apa yang bisa mereka lakukan.” Chairil Sihombing, pimpinan Technoskill berucap pada saat sesi pembukaan demonstrasi hasil magang didepan orang tua siswa.

Dalam acara tersebut juga Kepala Sekolah SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah,  Rizky Surya Prasetya, S.Pd berpesan. “menyukseskan anak itu sebenarnya bukan semata-mata karena kita bekali uang, tetapi juga harus dibekali dengan pendidikan yang benar. Untuk mengubah suatu nasib maka anak-anak kita harus sekolah. Sekolah ini tidak bisa jalan sendiri bapak/ibu, sekolah ini butuh peran orang orang tua. Orang tua juga harus peduli dengan anaknya, Maka dari itu sekolah buat acara seperti ini. Biar orang tua juga tahu anaknya sudah bisa melakukan apa saja, dengan biaya sekolah yang telah dikeluarkan oleh orang tua”.

Acara pun di tutup dengan sesi foto Bersama dengan seluruh peserta demonstrasi kelas X TBSM, Tim Technoskill, Guru dan Staf Tata Usaha, serta para orang tua/wali murid yang telah hadir menyaksikan langsung kemampuan yang dimiliki anak-anak mereka setelah magang.


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Andax