Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama Dengan Seluruh Pengurus dan Majelis Pendidikan Al Washliyah - Website Official Resmi SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah

Selasa, 26 April 2022

Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama Dengan Seluruh Pengurus dan Majelis Pendidikan Al Washliyah

SMKS Al Washliyah 12 Sei Rampah. Bulan Ramadan merupakan bulan yang paling dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia, di bulan suci ini semua amal ibadah dilipat gandakan pahalanya  pintu pengampunan dibuka lebar oleh Allah SWT. sehingga Ramadan menjadi bulan yang sangat istimewa. 

Setiap muslim dianjurkan berlomba melakukan amal kebaikan di bulan penuh berkah ini. Tidak hanya puasa  salat tarawih, tetapi juga bersilaturahmi. pada bulan suci Ramadan biasanya masyarakat mengadakan acara keagamaan, untuk mempererat silaturahmi  meningkatan amal ibadah. begitu juga dengan SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah yang sering mengadakan event spesial di bulan Ramadan yaitu buka puasa bersama yang dihadiri masyarakat sekolah.

Baca Juga: Road Show Safari Ramadan Daerah Al Washliyah Kabupaten Serdang Bedagai Di Masjid Agung Jami’ Sei Rampah.


Dalam rangka menjalin  mempererat hubungan silaturahmi, SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah mengadakan acara Buka Puasa Bersama yang dilaksanakan pada (Minggu, 24 April 2022). Kegiatan silatuhrami ini dihadiri oleh seluruh warga Sekolah SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah baik guru maupun staff serta Pimpinan dan Pengurus  Al Jami’yatul Washiyah mulai dari tingkat desa sampai Provinsi.

Kegiatan Buka Puasa Bersama merupakan suatu kegiatan positif di Bulan Suci Ramadan ini, Buka puasa bersama sangat baik untuk mempererat tali silaturahmi. Momen ini digunakan untuk memperkuat rasa persaudaraan. dalam hal ini, banyak manfaat yang dijanjikan kepada pelakunya. Dia mendapat pahala karena menghidangkan makanan bagi orang yang sedang berpuasa untuk berbuka tanpa sedikitpun mengurangi pahalanya orang yang berpuasa tersebut.



Melansir dari Islam NU Imam Al-Baghawi dalam tafsirnya menyampaikan satu hadis yang cukup panjang tentang Amalan sunnah saat berbuka puasa Sebagian kutipan hadis tersebut menuturkan: "Barangsiapa yang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa di bulan Ramadan, maka hal itu menjadi ampunan bagi dosa-dosanya  pembebasan dirinya dari api neraka. Baginya pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi sedikitpun pahala puasa orang yang diberi buka tersebut" Maka manfaat yang didapat dikegiatan buka bersama sangat lah banyak.

Dikarenakan acara buka puasa kali ini masih dalam situasi pendemi Covid-19  maka Buka puasa bersama yang dilaksanakan tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menggunakan hand sanitizer serta menjaga jarak.


Pada kegiatan Buka Puasa Bersama kali ini dihadiri oleh Bapak Darwis, M.Pd selaku MP PW (Majelis Pendidikan Pimpinan Wilayah) Al Jami’yatul Washliyah. Kegiatan ini dimulai sejak pukul 16.00 WIB  sembari menunggu waktu berbuka kegiatan diisi dengan perkanalan sekolah, staff  guru-guru kepada Pimpinan Al Washliyah, dilanjut dengan diskusi mengenai hal apa saja yang menjadi kekurangan sekolah sehingga kedepannya dapat diperbaiki demi kemajuan sekolah itu sendiri, kemudian dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama di kedai Mie Ayam Abah yang berlokasi di Samping RS. Sultan Sulaiman Firdaus.

Kebetulan kedai Mie Ayam Abah tersebut pemiliknya adalah kepala sekolah SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah yakni Bapak Rizky Surya Prasetya, S.Pd. Buka puasa diawali dengan memakan penganan sederhana yang dapat mengembalikan tenaga setelah seharian berpuasa. Setelah, salat Magrib berjamaah, kemudian diakhiri dengan agenda santai  makan malam bersama dengan penuh keakraban. Acara ini sekaligus menutup serangkaian kegiatan Buka Puasa Bersama yang berjalan dengan lancar.

 


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Andax