Road Show Safari Ramadan Pengurus Daerah Al Washliyah Kabupaten Serdang Bedagai Di Masjid Agung Jami’ Sei Rampah. - Website Official Resmi SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah

Senin, 18 April 2022

Road Show Safari Ramadan Pengurus Daerah Al Washliyah Kabupaten Serdang Bedagai Di Masjid Agung Jami’ Sei Rampah.

SMKS Al Washliyah 12 Sei Rampah Umat Islam memasuki Bulan Suci Ramadan 1443 Hijriah  menjalankan ibadah puasa serta berbagai amalan-amalan penting lainnya. Berbagai kegiatan biasa dilakukan orang-orang untuk mengisi waktu di bulan penuh berkah ini. Salah satunya adalah Safari Ramadan.

Safari Ramadan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)  Safari memiliki arti perjalanan atau petualangan jarak jauh dalam kegiatan ekspedisi, baik penelitian, penyelidikan  wisata. Safari Ramadan adalah sebuah kegiatan yang terakomodir secara kelompok untuk kegiatan ekspedisi guna menggapai keutamaan-keutamaan bulan suci Ramadan. Safari Ramadan digunakan sebagai ajang silaturahmi antara sesama muslim dibulan Ramadan. silaturahmi ini sangat dianjurkan karena memiliki efek yang sangat konstruktif baik bagi kehidupan individu maupun sosial.

Kali ini Pengurus Daerah Al Washliyah Kabupaten Serdang Bedagai melaksanakan Safari Ramadan disalah satu masjid yang berdaerah di Sei Rampah yakni Masjid Agung Jami’. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka Safari Ramadan ini, diantaranya acara berbuka puasa bersama, salat isya  tarawih berjamaah serta mendengarkan ceramah oleh Bapak Edi Rahman, S. Pd. I.


Baca Juga : Dukungan Kepala Sekolah SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah Kepada Big Family FC, Tim Futsal Serdang Bedagai Berlaga di Liga Futsal Nusantara Regional Sumut 2020


dalam ceramahnya mengenai perjalanan 4 anasir tubuh jasmani manusia  alam, manusia memiliki 4 unsur alam yakni api, udara, air,  tanah.

Pertama, unsur api

QS. Al Baqarah (2):24. "maka jika kamu tidak dapat membuat (nya)– pasti kamu tidak akan dapat membuat (nya), peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia  batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir.(QS. 2:24)."

Ayat ini menegaskan bahwa semua makhluk Allah tidak akan sanggup membuat tandingan terhadap satu ayat pun dari ayat-ayat al quran. karena itu, hendaklah manusia memelihara dirinya dari api neraka dengan mengikuti petunjuk-petunjuk al quran

Kedua, unsur udara

QS.Shaad (38):71-72 "(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: “Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah.”. maka apabila telah Kusempurnakan kejadiannya  Kutiupkan kepadanya roh (ciptaan)Ku; maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepadanya.”

Sebagian ayat di atas terdapat kalimat “…………. Kutiupkan kepadanya roh (ciptaan)Ku…………..”

Dari ayat di atas terdapat sebuah kata yang perlu digaris bawahi, yaitu kata “tiup” . Tiup biasanya ada hubungannya dengan angin. (Wa Allahu ‘alam bissawab, hanya Allah Subhanahuwata’ala saja yang Maha Tahu tafsir ayat di atas).

Ketiga, unsur air 

QS.Al Furqaan (25):54. Dia (pula) yang menciptakan manusia dari air lalu dia jadikan manusia itu (punya) keturunan  mushaharah  adalah Tuhanmu Mahakuasa.

yang dimaksud air tersebut adalah air mani .yang mana air mani itu salah satunya mengandung unsur air.

Terakhir, unsur tanah.

QS.Shaad (38):71-72 "(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: “Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah.”. maka apabila telah Kusempurnakan kejadiannya  Kutiupkan kepadanya roh (ciptaan)Ku; maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepadanya.”

yang dimaksud manusia pada ayat di atas adalah Nabi Adam AS. Selanjutnya unsur tanah tersebut di turunkan ke anak cucu Nabi Adam as. Selain itu makanan yang kita makan sebetulnya adalah berasal dari tanah (sari pati tanah). Dipandang secara fisik, bentuk dari makhluk yang diberi nama manusia terlihat sudah sempurna, namun demikian tidak, bila dilihat dari segi Bathiniahnya.


Di akhir sesi acara Safari Ramadan dilakukan sesi foto bersama oleh Pengurus Daerah Al Washliyah Kabupaten Serdang Bedagai dengan kepala sekolah SMKS Al Washliyah 12 Sei Rampah dan Kepala-kepala sekolah Al Washliyah lainnya.



Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Andax